Professional, Amanah, Istiqomah

10 Hal yang Wajib Anda Siapkan Bagi yang Baru Pertama Kali Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 08 September 2023, 10:22:31

Bagi Anda yang pertama kali akan melaksanakan umrah, Anda pasti bingung tentang hal yang wajib Anda lakukan sebelum ibadah umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, pendaftaran, kelengkapan barang, dan lain sebagainya. Hal ini penting, karena apabila ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa tenang beribadah umrah di tanah suci.

Nah, sebagai gambaran apa yang harus Anda siapkan sebelum umrah, Anda bisa menyimak tulisan berikut ini hingga selesai.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus dipahami adalah ibadah umrah sama halnya dengan haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kesehatan jasmani yang prima. Maka dari itu, jamaah yang hendak melaksanakan umrah setidaknya wajib ada persiapan satu bulan sebelumnya agar dapat menyiapkan fisik yang kuat supaya ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bernutrisi, serta mengkonsumsi makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa mulai merutinkan berolahraga, seperti lari pagi, workout ringan, atau olahraga lainnya. Dengan bekal fisik yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam beribadah umrah di tanah suci.

Persiapan Rohani

Selain jasmani yang kuat, Anda juga wajib menyiapkan jiwa Anda supaya bisa benar-benar tenang dalam melakukan ibadah umrah. Ibadah umrah membutuhkan niat yang tulus ibadah karena Allah SWT, serta keikhlasan dari hati. Karena bagi orang yang melaksanakan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk sementara. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah dana yang harus dibayarkan via biro travel umrah yang Anda gunakan.

Persiapan Kelengkapan Data

Dokumen yang wajib dipersiapkan sebelum umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, catatan vaksinasi, buku nikah, tiket pesawat yang digunakan, bukti tanda terima pemesanan penginapan, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah pokok persiapan yang wajiib dicermati. Ada Baiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper untuk memuat barang-barang yang Anda bawa. Satu koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan satu tas kecil. Masing-masing dapat diisi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk baju masuk koper, tas jinjing untuk membawa alat-alat mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa , kertas tisu, pelembab, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Langkah ini terkadang terlewat, padahal sebenarnya hal ini adalah langkah yang terbilang penting untuk dilakukan. Sama halnya saat kita akan menjalani suatu ibadah, kita wajib tau syarat sahnya, rukun-rukunnya, urutannya agar tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda bisa mencari sumbernya yaitu dengan membaca buku panduan umrah, browsing tentang umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang sudah melaksanakan ibadah umrah.

Memilih Jasa Travel Umroh yang Terpercaya

Ada baiknya, Anda memilih biro travel umrah yang terpercaya. Anda bisa mengeceknya dengan cara membaca ulasan jamaah yang telah diberangkatkan, juga melihat profil serta riwayat biro travel umroh tersebut. Jika travel umrah Anda telah menggunakan software khusus aplikasi umrah sehingga layanan mereka dapat Anda pantau melalui daring, misalnya dengan mengakses website, mendapat pemberitahuan email dan pesan singkat untuk progres pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Menyiapkan Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi yang spesifik, dan memerlukan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak umum, Anda perlu membawa obat-obatan khusus yang harus Anda bawa saat menjalani ibadah umrah. Selain itu, obat yang umum misalnya P3K dan minyak gosok, juga dapat Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang spesifik wanita banyak macamnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, peniti, dalaman hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk pria, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa kain ganti dan juga baju ganti ihram yang dibutuhkan. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umrah

Ketika umrah, biasanya ada banyak doa yang ingin Anda minta. Ada pula titipan doa dari saudara dan juga rekan. Supaya tidak lupa, siapkan catatan khusus doa, supaya Anda ingat dan tidak terlewat saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali menjaga stamina saat mrelakukan ibadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang yang harus dibawa, bawa di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya sewaktu-waktu.

Nah, itu tadi 10 hal yang harus Anda siapkan sebelum umrah. Bicarakan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang harus dan tidak perlu disiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id